Tips Otomotif - Cara Mudah Menambah Tenaga Mesin Pada Mobil Agar Lebih Kencang

Tips Otomotif - Cara Mudah Menambah Tenaga Mesin Pada Mobil Agar Lebih Kencang- - -Mobil merupakan salah satu barang mewah yang mempunyai segudang fitur, seperti sound system yang canggih, GPS, hingga keamanan dan kenyamanan berkendara. Untuk membuat mobil semakin menarik perhatian, modifikasi menjadi pilihan banyak pengendara, mulai dari modifikasi ringan yang hanya bermain di stiker, dan tidak merubah banyak body mobil sampai modifikasi ekstrim yang bahkan hingga merubah keseluruhan body mobil dan yang masih asli hanya mesinnya. Sebenarnya tujuan utama dari modifikasi pada umumnya hanya membuat penampilan mobil menjadi menarik dan keren, jauh dari pada itu kenyamanan dan performa mesin diabaikan. Menurut saya percuma saja mendapatkan penampilan menarik tetapi performa mobil anda jelek bahkan hanya sekedar melaju kencang dijalan saja susah, untuk itu jagatotomotif memberikan sedikit tips untuk menambah tenaga mesin mobil anda agar tidak hanya penampilan yang keren, tetapi performa juga oke.

Bicara mengenai kecepatan sebuah mobil tentu hal ini teringat pada saat teman saya yang sangat gemar belap mobil, dia selalu membongkar mobilnya dan mensetting mobilnya untuk supaya lebih cepat atau kencang, karena dia belum menemukan tips dan trik jitu membuat mobil cepat. Sementara dia membongkar - bongkar mobilnya dan saya ingkut mencari trik terbaik menambah kecepatan mobil. Beberapa kali kami mencoba mobil itu dan sharing dengan teman-teman, dan pada akhirnya kami mendapatkan hasil yang kami mau yakni membuat mobil kencang tanpa efek samping yang berlebihan, lalu seperti apa dengan tips menambah kecepatan mobil, silahkan anda simak dibawah ini.
Tips Otomotif - Cara Mudah Menambah Tenaga Mesin Pada Mobil Agar Lebih Kencang

Cara Menambah Tenaga Mesin Mobil dengan Mudah

  • Pipa Cold Air Intake (CAI)
Anda tahu fungsi pipa cold air intake? Ya, sesuai namanya fungsi pipa ini adalah untuk mendinginkan udara sebelum masuk ke ruang bakar. Kenapa harus didinginkan? Karena udara dingin itu lebih padat dari pada udara panas sehingga walaupun volume udara yang masuk ke ruang bakar sedikit namun kandungan oksigen (O2) lebih banyak sehingga proses pembakaran akan lebih baik dan tenaga yang dihasilkan mesin lebih besar.
  • Filter udara
Pada bagian filter udara dapat kita modif sedikit untuk meningkatkan performa mesin, dipasaran banyak disediakan bermacam-macam filter udara, ada tipe Open Pod dan ada yang tipe Drop In anda dapat memilih sesuai tipe mobil anda, tipe open pod biasanya digunakan untuk mobil dengan transmisi manual sedangkan yang tipe drop in untuk transmisi otomatis, alasannya karena tipe open pod bekerja lebih baik saat RPM tinggi sehingga anda dapat mengganti transmisi dengan stabil saat putaran mesin tinggi sedangkan tipe drop in efektif digunakan saat RPM rendah sehingga cocok bagi mesin matic.

Tetapi ada beberapa resiko saat anda memilih filter udara, sebaiknya anda perhatikan apakah filter udara tersebut bisa menyaring dengan baik debu dan kotoran yang masuk ke mesin atau tidak, pada tipe drop in yang berukuran besar, udara yang masuk ke mesin juga banyak sehingga resiko debu dan kotoran ikut masuk juga tinggi jadi sebaiknya anda sering-sering memeriksa kondisi mesin dan membersihkan filter udara tersebut.

Bahan filter udara juga sebaiknya anda perhatikan, filter udara yang menggunakan bahan kasa lebih beresiko menyebabkan mesin cepat kotor daripada yang berbahan kertas khusus, karena lubang-lubang pada filter kasa lebih besar sehingga kotoran mudah masuk.
  • Sistem pengapian yang baik
Proses pengapian menyangkut beberapa part seperti filter udara, pipa udara dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca tulisan saya yang ini Menambah Tenaga Mesin dengan Memperbaiki Sistem Filter Udara.
  • Memperbaiki sistem pembuangan
Sistem pembuangan ini menyangkut masalah knalpot, anda dapat menggunakan knalpot racing untuk meningkatkan daya yang dihasilkan mesin, karena knalpot racing termasuk kedalam jenis free flow, knalpot jenis ini sekat di dalam silencer lebih sedikit atau bahkan tidak ada, fungsinya adalah agar melancarkan proses pembuangan sisa pembakaran, sehingga pembakaran menjadi efektif.

Sebenarnya penggunaan knalpot racing ini ada resikonya, yaitu suara yang bising dan mesin cepat rusak karena tendangan balik dari proses pembuangan tinggi menyebabkan part-part yang ada dalam mesin menjadi cepat aus, sebenarnya knalpot racing itu digunakan pada kendaraan balap untuk meningkatkan power mesin. Jika anda tetap ingin menggunakan knalpot ini sebaiknya cari yang silencer nya baik, ciri-cirinya suara yang dihasilkan dari knalpot tidak terlalu keras.

Ada satu lagi yang perlu diperhatikan pada sistem pembuangan yaitu lekukan pada selang knalpot sebaiknya tidak terlalu banyak, agar tidak menghambat proses pembuangan sisa pembakaran.

  • Menggunakan bahan bakar kualitas tinggi
Bahan bakar (BBM) juga perlu diperhatikan, pilihlah bahan bakar dengan oktan tinggi seperti pertamax atau pertamax plus, sebenarnya mobil-mobil keluaran terbaru sudah menganjurkan menggunakan bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi karena part-part dari mesin mobil baru lebih canggih dan lebih presisi sehingga lebih dianjurkan menggunakan bahan bakar yang baik.

Dengan menggunakan bahan bakar yang baik akan meningkatkan performa mesin mobil anda dan juga dapat membuat mesin menjadi awet, karena proses pembakaran juga lebih efektif.

  • Berat mobil dan ukuran ban
Pada bagian ban sebaiknya kita menggunakan ban yang memiliki alur sejajar dan lurus hal ini gunakan untuk meningkatkan akselerasi mobil anda menjadi lebih cepat. Selain alur ban, anda juga dapat memilih ukuran ban yang lebih kecil dan pelg yang ringan, tujuannya agar mesin tidak terlalu berat bekerja untuk memutar ban. Coba lihat saja pada kendaraan drag, meraka gunakan ban yang lebih kecil dan pelg yang lebih ringan, hal ini bertujuan agar proses akselerasi jadi lebih cepat dan hanya membutuhkan tenaga mesin yang sedikit untuk mencapai kecepatan tinggi.
  • Setting ulang mesin anda
Proses pembakaran dapat anda setting agar power yang dihasilkan lebih efektif dan daya yang keluar dapat disalurkan ke bagian mesin yang lain dengan baik, pada kendaraan lama yang belum menggunakan sistem injeksi biasanya proses setting masih manual, tetapi pada kendaraan baru yang menggunakan sistem injeksi dan turbocharged atau supercharged proses dilakukan dengan menggunakan komputer karena bagian yang bertugas mencampur bahan bakar dan udara selama proses pembakaran diatur oleh perangkat elektronik yang lebih canggih, proses setting dengan menggunakan komputer ini biasa disebut dengan reflash.

BACA JUGA ARTIKEL DUNIA OTOMOTIF TERBARU DI BAWAH INI